jump to navigation

No.4: Final Fantasy X (2001) September 1, 2009

Posted by Blue Velocity in Game.
trackback
ASASA

Tidus dengan Pedang Brotherhood yang KEREN

 Nah ini review game pertama gw….

kenapa gw pilih game ini, karena mungkin game ini yang paling memorable buat gw…

dan ini juga adalah game RPG pertama gw, dan game FF pertama yang gw maenin…

yeah really, gw blm pernah maenin game RPG sebelumnya, di PS1 juga belum pernah… klo ga salah gw maenin ini game waktu smp kelas 2… (kebetulan waktu itu gw punya 2 orang temen yang doyan banget sama yang namanya RPG, namanya Dinoy sama Tito, jadilah gw cobain ini game… mumpung ada temen yang bisa ngebantu, haha…)

setelah maenin FF X gw jadi tertarik sama genre RPG…

jadi mulailah gw memainkan game2 yang ber-genre RPG di PS2 sama PS1…..

FF X ini menurut gw: 

– Grafiknya bagus, gokil, keren, yang biasanya maen ps1 pasti kaget….

– Dari segi cerita, dalem banget…bener2 bisa bikin orang terharu… menyedihkan….

Jadi cerita game ini berfokus pada seorang pemuda bernama Tidus (tidak seperti  nama karakter lainnya, nama ini tidak pernah diucapkan secara lisan di game, mungkin karena di awal game kita diberi opsi untuk mengganti nama sang Hero, jadi di sepanjang game tidak pernah divokalkan,,, Pasti aneh klo di awal game si jagoan gw kasih nama Beta, eh tiba – tiba dipanggil sama orang lain Tidus….) Klo menurut gw fitur mengganti nama Hero hanya akan efektif klo gamenya tanpa suara alias kaya’ game – game jadul, yang ceritanya cuma dalam bentuk tulisan aja, jadi nama Hero bisa ditukar2 dengan mudah….   klo gamenya pake dialog lisan ya udah ga usah ada fitur penggantian nama….. biar ga aneh jadinya dialog2 di sepanjang game….

masa’ Tidus sering banget nyebut nama Yuna, eh Yuna nya ga pernah sama sekali…. sampe sekarang juga gw ga pernah tau gimana pelafalan “Tidus” yang bener ( taidus, atau tidus aja)….

oke2 kembali ke cerita…. Sebenernya Masih tipikal saving the world and the princess theme, tapi dengan improvisasi yang bener – bener dalem, jadi bisa bikin air mata meleleh….

Tidus terdampar ke tempat yang sangat2 jauh dari asalnya, lalu bertemu dengan teman2 baru dan juga kekasih baru (maybe). Bersama mereka dia harus mengalahkan Sin (Bad Guy di game ini yang selalu disebut – sebut paling jahat, ternyata di akhir game ada yang lebih jahat lagi… hmm selalu begitu).

Kisah romance di game ini yang juga jadi andalan. Tidus dan Yuna menjalani kisah cinta yang bener2 mengalir lembut, fresh, dan natural… Sayangnya Bahagia di awal belum tentu bahagia di akhir… Inilah yang bikin klimaks di game, saat Yuna harus kehilangan Tidus… Hiks…

– Dari segi permainan / gameplay, well, sebenernya gw maenin game RPG karena ceritanya bukan karena gameplaynya… (makanya Game Shark atau Action Replay jadi alat wajib buat gw klo maen game RPG, hehe) kenapa gw ga begitu suka gameplay RPG??? karena gw suka game yang active, yang jagoannya bisa gw suruh loncat, mukul, nunduk, apalah…. klo RPG kebanyakan, kita pilih command2 gitu si jagoan disuruh apa, trus gantian sama musuhnya… It’s kinda stupid to look your hero get hit without doing anything…. harusnya klo mau dipukul kan bisa menghindar…..

battle di FF X masih sama kaya RPG kebanyakan lah…. Turn – Based Battle (bergantung pada Speed Character, lebih cepat lebih baik)… klo pake Max Stats di Gameshark, kita jadi ga perlu mikirin battle2 konyol kaya’ gini… just enjoy the story…. haha, Take That !!!

– Dari segi Sound…. MANTAP… Theme Song dan Original Soundtrack yang bener2 klop sama gamenya…. bener2 masterpiece dari Nobuo Uematsu…. gw sendiri sampe nyimpen MP3 Kompletnya ( ya MP3 bukan CD original)… yang berminat bisa download di Indowebster… Banyak Banget, ada 4 disc.. tapi semuanya dijamin enak2… ntar ada reviewnya sendiri deh..

– Untuk Features, ga ada yang terlalu spesial, cuma ada playback FMV sama Music di Luca…. game Blitz Ball yang menurut gw tidak terlalu menarik (game campuran bola, basket, sama rugby dimaenin di dalem air) mungkin klo sistem Blitznya dibuat kaya game WE gitu jadi lebih seru… jangan malah maen bola tapi tetep pake command2 yang ga penting itu… trus FF X ini Hanya game sekali maen aja, Begitu tamat udah ga bisa ngapa2in lagi, harusnya ada New Game Plus (mulai game baru pake status yg ada di save-an, buat nyari2 quest yang belum beres atau kelupaan)

Conclusion:

– Visual / Graphic : 9 / 10

– Story                       : 9 / 10

– Gameplay              : 5 / 10

– Sound                      : 10 / 10

– Features                : 6 / 10

Overall                                      :  7.8 / 10

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

