jump to navigation

No.10: Final Fantasy X International (2002) September 3, 2009

Posted by Blue Velocity in Game.
trackback
What a sad ending for this couple...

What a sad ending for this couple...

Loh apa bedanya game ini sama yang ada di postingan no.4 ??? Jadi ini adalah versi Upgrade dari game itu… makanya di belakangnya ada embel2 International… Game ini memuat seluruh isi dari game Originalnya, dan diberi tambahan2 dan perubahan yang membuat game jadi lebih menarik….

Dari segi story, visual, dan sound jelas tidak ada perubahan… Karena sama dengan game aslinya… Extra features ada di dalam Gameplay dan tambahan khusus di bundel DVD extra yang memuat scene kelanjutan dari cerita FF X ini… (What happen after Tidus dissapear and left Yuna alone…) nice right????

dari gameplay tidak ada perubahan di Battle system (masih menggunakan stupid battle system called Turn – based battle) namun terjadi perubahan dari penggunaan Sphere Grid. Apa itu Sphere Grid??? Intinya adalah tempat untuk mengupgrade status karakter kita… Klo game2 RPG kebanyakan Peningkatan status terjadi secara otomatis ketika kita Level Up, di sini terjadi ketika kita memiliki sphere level yang cukup untuk mengupgrade status yang diinginkan. Jadi di game FFX ini (di game aslinya pun sudah menggunakan sistem Sphere Grid, namun lupa gw bahas di postingan sebelumnya) ngga ada yang namanya level karakter. Jadi kita ga bisa pamer2 ke temen, “Woy, Tidus gw udah level 99 lho..” bah, komentar yang paling males gw dengerin dari seorang RPG gamer.. Gw bisa jadi level 99 pake Gameshark, ngapain juga repot2 buang waktu buat leveling up… Nah klo di FF X ini setelah sphere level kita cukup banyak, kita bisa bebas milih, mau upgrade status apa. Misalnya nambah HP, atau Strength kita supaya jadi lebih kuat, semacam itulah… Perbedaan sphere grid di Intenational version sama yang biasa version ada di penataaan tempat2 upgrade statusnya… di International version udah ditata sedemikian rupa, jadi upgrade karakter bisa jadi lebih efektif karena udah diarahkan mau berkembang ke arah  mana upgrade status yang diinginkan (apakah HP, MP, atau status lainnya)…

Dari segi Extra Features, ada Dark Aeon battle disini… jadi kita bisa mencoba mengalahkan Dark Aeon (Aeon yang udah corrupted sama Yu Yevon, musuh utama) yang amat sangat mengerikan… jadi ini murni optional boss, kita ga harus ngalahin mereka… klo merasa boss2 yang ada di game kurang menantang coba aja lawan Dark Aeon. Semua Aeon versi Dark dapat dilawan, dari Aeon yang standar seperti Ifrit, Valefor, Ixion, Shiva, dan Bahamut (yang pasti didapatkan dari cerita) ada juga Aeon2 yang optional, yaitu  Yojimbo, Anima, dan Magus Sisters…. Semua Dark Aeon ini extremely dangerous dan jelas memiliki HP yang amat sangat besar. setelah mengalahkan semua Dark Aeon, kita ditantang lagi bwt nglawan Ultimate Super Boss, bernama Penance…. klo lawan Dark Aeon biasa aja udah mati, amat sangat disarankan jangan lawan dia. Gw sendiri cuma berhasil membantai semua Dark Aeon yang standard, tapi yang optional belum ada yang bisa (padahal gw udah make bantuan Action Replay.. wah parah dah..). Apalagi lawan Penance yang kabarnya punya HP sampe berpuluh2 juta… bayangin aja butuh berapa lama itu buat ngalahin dia…..  Trus juga ada extra equipment, ability, sama beberapa overdrive (jurus spesial karakter) yang sedikit dirubah sistemnya.

Sebenernya yang bisa bikin orang tertarik sama versi Upgrade ini selain Karena ada Dark Aeon Battle yang bikin stress… juga karena ada bundel  packnya… Di indonesia ada ga??? hmm… jelas ga ada, karena biasanya game kita kan bajakan (ups, gw ga mau pake kata bajakan, kopian aja deh, kan bukan gw yang ngebajak… gw cuma menggunakan kopiannya…. haha) mungkin klo kita beli Asli, kita bakal dapat Bundel Pack ini. Jadi seharusnya kita dapet 2 DVD, disc pertama buat game, yang disc 2 buat Extra Feature berupa scene tambahan yang sangat menarik, karena scene ini seperti menunjukkan akan ada sequel dari game FF X ini. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya dalam Final Fantasy Series. Tidak pernah ada direct sequel dari tiap seri FF sampe ke seri X ini. Mungkin karena Square mendengar permintaan dari Fans yang ngga tega buat misahin Tidus sama Yuna. 

Scene tambahan ini berjudul “Eternal Calm” dengan seting 2 tahun setelah event di FF X pertama. Intinya adalah Riku (teman Yuna) menemukan sebuah Sphere (seperti bola kaca yang di dalamnya berisi rekaman2 kejadian masa lalu0) yang menunjukkan wajah seorang laki – laki  yang sangat mirip Tidus dan juga suara yang sama dengannya. Rekaman ini menimbulkan harapan bagi Yuna, harapan bahwa dia akan dapat bertemu lagi dengan Tidus. Setelah melihat rekaman ini, Yuna memutuskan untuk berpertualang mencari Sphere2 lain yang mungkin akan memberi pertunjuk untuk bertemu dengan Tidus lagi.

Nah, dari mana gw tau cerita scene ini???  kan game gw kopian…. tenang aja. bagi yang mau lihat bisa cari di Youtube koq, search aja “Eternal Calm”. Tunggu sampe bufferingnya komplet, trus enjoy the scene deh.. mudah kan… haha…

oiya karena ini masih review game tetep harus gw nilai donk… karena beberapa faktor tidak berubah, jadi nilainya sama kaya’ game aslinya….

Story                  : 9 / 10

Visual                : 9 / 10

Sound                : 10 / 10

Gameplay        : 5.5 / 10

Features           : 7.5 / 10  

                              Overall : 8.2 / 10

See u in Final Fantasy X-2 !!!!!!!

Advertisements

Comments»

1. GrimmJaw - September 3, 2009

Gw ngga pernah maen FFX, tapi gw pernah maen FFX-2 (hehe gw loncatin gitu) gw tunggu reviewnya Bet.

btw ajarin gw cara naro gambar dong!

2. Blue Velocity - September 3, 2009

haha…

oke, ditunggu aja jar reviewnya….

klo mw naro gambar kan ada opsinya tuh jar, di atas kotak tulisan…
bisa naro gambar, music, video… klo mau gambar ya browse filenya, upload, trus jangan lupa klik insert to post…
baru deh gambarnya kelular…

3. GrimmJaw - September 3, 2009

Oooh, pantesan… gw nggak ngeklik Insert To Post… thanks banya Bet! 🙂

Blue Velocity - September 3, 2009

Haha… oke jar…. sama2……

4. alfan - June 21, 2010

q mau tnxa….
apa sich yg bkin FFX itu bgus?
cz q pngin maen FFX…
kyak.na seru dech maen FFX..

Blue Velocity - June 21, 2010

Ceritany bro….

Suka maen game RPG ga ???

makasih udah baca…

5. alfan - July 10, 2010

ya suka dong…
duh q tergila-gila banget ma FFX..
pingin maen tpi gag punya ps2, hikz hikz… 😥
ea sama2.pingin twu ceritanya kyak gimna..
hehehehe…. 🙂

6. alfan - August 6, 2010

ech kak…
q pernah maen ff10 ampek part 2…
tpi pas d part 2 dah macet….
npa yaw kk ?
huh jadi sebel gg bza nganjutinnya….
maw nyari kaset yg asli tpi gg ada….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: