jump to navigation

No. 12: Metal Gear Solid 2: Sons of Liberty (2001) September 3, 2009

Posted by Blue Velocity in Game.
trackback
Game ini keren, sayang bukan Solid Snake lagi karakter utamanya... Sad..

Game ini keren, sayang bukan Solid Snake lagi karakter utamanya... Sad..

Kenapa gw sangat suka sama game MGS (Metal Gear Solid), alasan pertama adalah karena Tokoh utamanya yang amat sangat terlalu keren, Solid Snake. Gw suka banget sama desain karakternya, dan juga sama karakteristik tokoh itu sendiri. Trus suaranya juga di-dub sama suara yang keren banget punya David Hayter. Solid Snake bener2 keren, cool, mantap. dan karakternya benar2 “membunuh”… didukung sama suara gokil yang sangat memperkuat karakternya.

Saat game ini diluncurkan di PS2, langsung gw masukin dalam daftar must – have game gw. What I’m looking forward to in this game is of course playing Solid Snake in more advance game technology. Karena sebelumnya di PS1, Solid Snake belum begitu kliatan fisiknya karena keterbatasan teknologi PS1 waktu itu. Nah di PS2, dengan teknologi yang lebih canggih, jelas gambar game akan terlihat lebih keren, dan untuk pertama kalinya wajah Snake akan terlihat dengan jelas (memiliki mata hidung dan mulut, tidak seperti di PS1  yamg hanya berupa garis2 hitam di wajah saja, haha)

Setelah maenin game ini, langsung gw dapetin kesan, Solid Snake emank keren !!!!!!!! di MGS 2 ini dia menggunakan Sneaking Suit baru dengan rambut agak sedikit gondrong  (Gw lebih suka Solid Snake di MGS 1, Sneaking suitnya kliatan lebih keren, trus rambutnya pendek, bener2 kaya secret agent). 

Game play kurang lebih masih sama seperti game pendahulunya, namun dengan penambahan elemen baru seperti  FPS (First Person Shooting) mode, skil2 menyelinap macam hanging mode, rolling, dan hold – down guard (dengan mengarahkan senjata ke musuh yang tidak tahu keberadaan kita, dia akan mengangkat tangan menyereah). skitar kurang lebih maen 1 jam, tiba2 si Snake ini langsung ketemu Metal Gear baru dengan nama Metal Gear Ray (lebih canggih daripada Metal Gear Rex) langsung gw siap2 buat battle lawan metal gear lagi… Eh trnyata misinya cuma ambil gambar si Metal Gear ini aja, abis itu langsung scene yang cukup lama, dan tiba2 Snake tengelam di Tanker trus Metal Gear Ray dibawa lari Ocelot….

trus ada title screen lagi… loh di awal game tadi kan udah ada Title screen, kenapa harus dua kali???…  ooo, Mungkin tiap ganti tempat ada title screen kali ya… Scene dimulai dengan suara khas Roy Campbell (akhirnya kedengeran juga suara lo, di awal game tadi  Snake dipandu sama Otacon lewat Codec bukan Campbell yang ngasih instruksi) inilah pembicaraan di awal scene ini: 

Campbell: “Snake, Do you read me?”

Snake: “This is Snake, Loud and Clear colonel…”

…..

…..

…..

bentar2 telinga gw kenapa ya??? masa’ sih itu suara The Legendary Solid Snake…. itu kaya suara homo gay memble gitu…  Tiba2 Snake mendapat perintah dari Campbell untuk tidak menggunakan code name Snake lagi, karena kode itu sama dengan kode Terrorist leader yang jadi musuh di game ini…. WHAT??? Now, Snake is the Enemy??????? Jadi semakin bingung gw……… Lalu si jagoan baru bersuara bencong tadi menggunakan code nama baru, RAIDEN. Setelah Raiden masuk ke dalam lift untuk naik ke atas (persis seperti adegan awal MGS1) Raiden membuka topengnya dan terlihatlah wajahnya dengan rambutnya yang mengayun indah kaya model iklan Shampoo di tipi – tipi…… ternyata dia memang bukan Solid Snake, huupfh, Thank God… kirain si Snake depresi trus berubah jadi bencong gitu, haha… nah gw maenin lah game ini pake Raiden, trus berpetualang, tiba2 gw denger suara yang sangat khas…. “GET DOWN”…. Raiden diberondong peluru dari belakang oleh seorang anggota Navy yang memakai Balaclava (topeng yang biasanya dipake sama teroris2), dia berusaha menembak VAMP, salah satu Boss di game ini. Walaupun muka si Navy soldier tadi ga kliatan karena ktutupan Balaclava, tapi gw yakin klo dia adalah Snake. Karena Suara ga pernah bohong… haha2…. Setelah itu Vamp kabur, dan Raiden berkenalan dengan Navy Solidier itu…

“My Name is S….. My name is Pliskin, Iriquois Pliskin”  What??????? Kenapa dia ga nyebutin nama Snake???

si Pliskin ini ga seperti Solid Snake biasanya, sekarang dia menggunakan Navy Soldier Uniform trus ga make Bandana yang jadi ciri khasnya… nah mulai timbul harapan gw, ooo ini game sistemnya ganti2 karakter gini ya, oke2 brarti ntar gw bisa pake Solid Snake lagi… karena gw udah muak sama si Gay Berambut rebonding indah, bernama Raiden ( Code namenya sih keren banget, sayang kenapa karakternya gini ya….) ya udahlah maen gw… udah berapa jam gitu belum ganti2 juga nih… Sampe gw ketemu sama Bos terorisnya, namanya Solidus Snake. Dia juga pake code name Snake, makanya si Raiden disuruh ganti nama. Semakin lama gw main (durasi main gw pake Raiden udah  jauh lebih lama daripada pake Snake diawal2 yang cuma bentar banget) tiba2 ada adegan torture lagi (Seperti di MGS1, kaya’nya mau dijadiin ciri khas deh) bedanya waktu Snake disiksa, dia cuma dilucuti atasannya aja, sekarang Raiden SEMUANYA, tanpa sisa satupun (bener gw ga bo’ong, liat aja ndiri klo ga percaya..) entah apa maksud Hideo Kojima (pembuat game ini) menelanjangi Raiden kaya gitu…. trus gw dipaksa maen pake Raiden yang “Polos” tadi itu buat menyelinap2,,, bah, ngapain gw maenin cowo’ bugil kaya gini !!!!!!!! Tiba2 terlihat kostum Sneaking suit keren dengan Bandana khasnya…  Okay, Here Comes The Legendary Solid Snake, apakah waktunya ganti karakter lagi????   Jawabannya tidak saudara2, kita tetap menggunakan Raiden tapi dapet senjata baru setelah dikasih oleh – oleh sama Snake, Ninja Katana… Keren sih senjatanya, coba Raiden Pake topeng aja (kaya’ di awal game, topengnya cukup terlihat keren koq) Klo dia tetep pake topeng sambil bawa Katana ini, hmm… keren juga…. Sayangnya ngga kaya gitu yg terjadi. Ya sudahlah game must go on… Raiden pun bertemu dengan Metal Gear Ray, Sial….. lawan Metal Gear pun gw harus pake dia !!!!!!! dan ga cuma satu yang harus dihancurin, ada banyaaaak banget (klo di MGS1 kita cuma disuruh menghancurkan satu Metal Gear)….. setelah selesai Metal Gear Battle, Raiden menghadapi battle melawan Solidus (firasat gw mengatakan, koq ini game udah mau tamat yah) setelah Solidus mati. well, TAMAT….

…. MANA SOLID SNAKE NYAAAAAA ????????????? 

 Ternyata di game ini tokoh utama adalah si Raiden bencong itu, Snake hanyalah pemeran pembantu saja ,waaaaaaa….Sungguh teganya kau KOJIMA,,, mengganti Snake dengan Raiden………

Okay, moving on… Untuk Music, semenjak game MGS2 ini, Composernya adalah Harry Gregson – Williams, (pakar music di film2 Hollywood), jadi scene2 yang ada akan terasa semakin Hollywood dengan composer yang spektakuler ini… Musiknya keren2 semua… dan tidak lupa gw ngasihtau bagi yang berminat menyimpan OST game ini bisa segera dicari di Indowebster….. jaminan mutu……….

jadi untuk nilai (berusaha untuk objektif, tanpa memedulikan faktor Raiden)

Story     : 8 / 10

Visual    : 9.5 / 10

Gameplay : 9.5 / 10

Music        : 10 / 10

Features   : 7 / 10

                       Overall : 8.8 / 10

Sayang sekali, menurun dibandingkan dengan MGS1, apakah ini gara2 Raiden????

mungkin Raiden perlu diikutkan acara Be a Man Show, agar terlihat lebih keren di MGS selanjutnya ( pasti ada sequel, karena akhir cerita game ini sangat2 mengambang)…

phew,  my longest writing ’til now…..    

Comments»

1. GrimmJaw - September 5, 2009

Ditunggu MGS 3 dan MGS 4nya

eh lo dah maen MGS 4 blum…?

2. Blue Velocity - September 5, 2009

wah gw belum punya PS3 jar…
tapi tenang aja gw punya cara khusus buat tau MGS 4 tu gimana…

tunggu aja…

thx……….

3. GrimmJaw - September 6, 2009

lah tapi kan elo belom maenin…?

4. Blue Velocity - September 6, 2009

Santai….

Ga harus maen buat tau gamenya… gimana…. he…..

makanya kapan2 pinjemin ke gw gt jar PS3…

biar bisa maen gw…. haha…

5. GrimmJaw - September 7, 2009

wew

sama aja gw ngereview film, tapi blom nonton filmnya

beli lah ps3 bet wuehehe

Blue Velocity - September 7, 2009

ya pengennya jar…

ntar aja klo udah ada game bajakannya (kapan ya?????)

ga apa apa lah, review sebelum maenin gamenya… he..

6. Ruslan - October 21, 2009

gimana cara menghancurkan METAL GEAR RAYS dalam level ARSENAL GEAR, RECTUM ?

7. Blue Velocity - November 10, 2009

buat Ruslan

Bantai aja semua RAYSnya, ntar bakal lanjut sendiri…….
emank agak lama, jadi sabar aja….

oke, thx for asking

8. Ravenocelot - November 23, 2012

walaupun raiden gaya’x mirip boyband gituh….karakter fav gua dengan keahlian pedang’x apa lgi liat cuplikan MGS REVEGENCE raiden jdi cyberninja android mirip arwah GRAY FOX ninja yg mati di mgs 1……


Leave a Reply

