jump to navigation

No.18 The IDEO Way October 12, 2009

Posted by Blue Velocity in General.
trackback

I do IDEO

Okay, Next assignment…. About the IDEO WAY. So WHAT’S IDEO REALLY??? IDEO is a design and innovation consultancy based in Palo Alto, California, United States with other offices in San Francisco, Chicago,New York, Boston, London, Munich and Shanghai. The company helps design products, services, environments, and digital experiences. Additionally, the company has become increasingly involved in management consulting (directly taken from WIKIPEDIA).

Jadi intinya, IDEO ini adalah sebuah perushaaan yang membantu perusahaaan – perusahaan lain menciptakan benda yang kreatif dan inovatif, just like my course name, Creativity and Innovation. Sudah banyak barang kreatif yang dia ciptakan untuk perusahaan raksasa semacam APPLE, yaitu mouse pertama untuk Macintoshnya dan juga mouse kedua untuk MICROSOFT’s PC. Tak hanya itu IDEO ini juga memiliki klien2 lain yang juga tidak kalah besar dengan kedua nama yang udah disebut sebelumya contohnya Pepsi Co. Proctor & Gamble, Eli Lily, dan Steel Case. Karena kekreatifan dari perusahaan ini, IDEO mendapatkan penghargaan dari BUSINESS WEEK sebagai salah satu dari TOP 25 Most Innovative Companies, dan juga IDEO menjadi consulting grup bagi 24 perusahaan yang lain. Well, cool huh…

Nah sebenarnya bagaimana cara IDEO untuk dapat menciptakan benda – benda yang kreatif ??? Kunci dari IDEO way adalah membuat PROTOTYPE. Ya, jadi dalam membuat suatu barang yang kreatif kita tidak harus langsung mengetahui barang seperti apa yang akan kita buat. Dengan adanya produk protoype kita bisa melakukan banyak trial and error sehingga ada banyak masukan bagi Produk final baik dari segi bentuk dan fungsinya. Sebelum membuat produk Prototype, IDEO selalu melakukan Brainstorming untuk mendapatkan ide – ide yang kreatif dan inovatif. Mereka tidak membatasi apapun ide yang muncul dan selalu mendukung atau menambahkan masukan untuk ide – ide tersebut. Sehingga IDEO memiliki kuantitas ide yang banyak dan nantinya bisa diterapkan melalui prototype.

Prototype harus bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan yang spesifik dari si pembuat produk. Pembuat produk harus memiliki pertanyaan yang benar (RIGHT) dalam artian pertanyaannya harus yang benar2 ingin dicari tahu jawabannya dan menargetkan prototype kita dapat menjawabnya. Jika terlalu banyak pertanyaan yang diajukan oleh pembuat barang (pertanyaan tidak spesifik), maka akan banyak prototype yang harus dibuat dan mengeluarkan banyak biaya. Prototype seharusnya tidak memakan seluruh budget proyek, prototype seharusnya sederhana saja yang bisa dibentuk dalam beberapa menit. IDEO menyebutnya sebagai RAPID prototyping.

Tujuan dari rapid prototyping ini adalah supaya kita bisa langsung mengevaluasi kekurangan2 yang timbul dan segera melakukan pembenahan. Hal ini tentu saja lebih baik daripada menghabiskan waktu sekedar untuk menganalisa masalah dan mengira2 solusinya. “Fail early in order to succeed sooner” jadi lebih baik kita gagal di awal  tapi untuk mencapai kesuksesan yang sesegera mungkin.

Prototype juga tidaklah harus memiliki bentuk yang bagus. Jika kita sudah memikirkan bentuk yang bagus maka tujuan awal dari pembuatan protoype tadi tidak akan tercapai, yakni menndapatkan produk yang terbaik dari segi bentuk dan fungsi. Setelah memiliki beberapa protoype, maka dengan sendirinya prduk akhir akan terllihat cantik setelah menggabungkan semua masukan2 yang didapatkan dari prototype – prototype sebelumnya. Salah satu tujuan lain dari membuat prototype yang kasar (ROUGH prototype) konsep awal dari produk kita tidak akan terganggu oleh pandangan subjektif yang kita miliki. Sehingga pada akhirnya kita akan dapat menghasilkan suatu kesimpulan berupa produk final yang objektif.

Lessons:

– Prototyping is a technique that embraces failure as a means to ultimate success.                                                     

– The Right – Rapid – Rough approach fosters innovation by forcing you to use all of  your senses to attack a problem. 

So… DO IT IDEO WAY !!! 

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: